Sunday, May 19, 2013

  • 11:34 AM
  • Info Absurditas Kata
Mumpung masih hangat, crew Mahardhika Tour and Travel akan langsung memberikan ulasan alias review tentang tempat wisata Museum Geologi Bandung yang pada hari Minggu 19 Mei 2013 kemarin, kita kunjungi. Review ini bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang Museum Geologi, baik itu dari segi kelebihan maupun kekurangannya. Cek it out!

Wisata Sejarah Bumi
Hmmm... Seperti namanya, Museum Geologi, tempat wisata ini ga cuma sekadar jalan-jalan dan ngabisin duit doang. Tapi juga jadi tempat wisata yang bisa memperkaya khazanah pengetahuanmu tentang ilmu geologi itu sendiri. Di dalam Museum Geologi ada banyak koleksi batu-batuan dan fosil-fosil. Selain dipajang dengan aneka keterangannya, kamu juga bisa mencolek langsung juru wisata yang stand by di sana. 

Lokasi dan Rute Kendaraan Angkutan
Museum Geologi berada di Jl. Diponegoro no. 57 Bandung. Lokasinya berada di pusat Kota Kembang, tidak sulit untuk mencari akses kendaraan umum yang melintas tepat di depan atau di belakang Museum Geologi. Kendaraan umum yang bisa digunakan sobat traveler untuk sampai ke Museum Geologi ada dua jenis, angkot dan bus kota. Bus kota yang melewati Museum Geologi hanya satu, yaitu DAMRI jurusan Jatinangor - Dipati Ukur. Tinngal naek tuh, terus bilang sama kondekturnya, pasti diturunkan di tepat yang tepat.


Kalau pakai angkot, traveler bisa mencari angkot jurusan Cicaheum-Ledeng (warna hijau) dan angkot jurusan Cicaheum-Ciwastra (warna coklat), keduanya bolak-balik di depan Museum Geologi. Adapun angkot yang melintas di belakang Museum Geologi, ada banyak bangeeeeet, yaitu: angkot Cicaheum-Ciroyom (warna hijau), angkot Caringin-Dago (warna oranye) dan angkot GedeBage (warna pink).

Sekarang kita pindah topik, urusan transportasi ke Museum Geologi gak ribet, cukup tanya sana-sini, selesai dah masalah. Karena bagaimanapun seorang traveler adalah seorang petanya yang jenius! :D

HTM dan Kebersihan Gedung
Ketika crew Mahardhika Tour and Travel masuk ke Museum Geologi Bandung pada tanggal 19 Mei 2013 hari Minggu, Harga Tiket Masuk (HTM) Museum Geologi murah bangeeeeeeeeet. Cuma Rp.2.000 per orang. Pokoknya harga segitu terhitung super murah, karena ga sepadan dengan segudang pengetahuan yang bisa traveler bawa pulang.

Pertama kali masuk ke arena Museum Geologi, aura kebersihannya langsung terasa. Tempat wisata ini bisa dibilang bersih, nggak banyak sampah berserakan di depan gedung, apalagi di dalam sana, nggak ada. Tapi... saya sendiri sedikit menemuk kesulitan untuk menemukan tempat sampah ketika akan membuang botol bekas air  mineral. Sebenarnya Museum Geologi sudah memiliki tempat sampah yang dipilah organik dan an-organik, tapi ketika kemarin saya berkunjung, posisi tempat sampahnya ngumpet, di taman. Nggak kelihatan :D

Toilet dan Si Bau Pesing
Toilet di Indonesia, masih menjadi momok yang menyeramkan! Ketika saya nulis atau mendengar kata toilet, saya langsung membayangkan sebuah tempat yang berjamur, lumutan, berkerak, bau pesing, temboknya berhuni segala macam coretan, kotak amal, dan tidak terawat! Itulah gambaran umum tentang toilet-toilet yang ada di tempat-tempat publik di Indonesia. Bagaimana dengan Museum Geologi?

Cakep! Toiltetnya bisa dikata cukup, meskipun nggak bersih-bersih banget, tapi cukup bagus lah. Airnya ngalir, sabun untuk cuci tangan tersedia, pintunya berfungsi dengan baik, dan GRATIS! Ga usah pake bayar ke kotak amal.

Merenungi Bumi Tercinta
Mengunjungi Museum Geologi bukan cuma bagus buat pelajar doang, tapi juga bagus buat umum. Setidaknya wawasan bisa bertambah, kita bisa mencari tahu perihal asal-usul bumi, aneka macam kehidupan purbakala dan lain-lain. Pihak Museum Geologi juga menyediakan pemutaran film di ruangan khusus yang menceritakan perihal asal-usul bumi ratusan juta tahun silam. Tapi sayang, kemarin hari ada sedikit gangguan teknis pada audio, sehingga butuh waktu lama menunggu pemutaran filmnya.

Hantu dan Penampakan
Gedung tua, peninggalan Belanda, dan benda-benda purbakala. Hiiiiiiy... Pasti ada hantunya! Benar nggak sih? Duh, ini cuma info tambahan aja ya, benar atau nggak, saya tidak tahu dengan pasti. Berdasarkan cerita dari seorang karyawan di sana, namanya berinisial A (kerja di bagian Arsip/Dokumen), ada beberapa titik yang paling angker di Museum Geologi.

Saking angkernya, titik-titik itu pernah dipake buat uji nyali oleh salah satu stasiun televisi. Katanya ada dua tempat yang paling angker ker ker... Pertama, ruangan yang bawah yang menyimpan fosil gajah segede gaban. Dan kedua, ruangan lobi yang ada peta Indonesianya. Kata si A juga, CCTV di sana sering menangkap penampakan cewek misterius. Hiiiiiiiiy...

So... buat traveler yang udah hilir mudik ke manca negara tapi belum pernah ke Museum Geologi. Tunggu apa lagi? Buruan!

REVIEW TERBARU

    KATEGORI

    HUBUNGI KAMI

    Name

    Email *

    Message *

    LIKE US ON FACEBOOK

    REVIEW POPULER